BABY CHICK FEEDER

Dulu peternak broiler menggunakan tempat pakan yang seperti nampan, dikenal dengan nama feeding tray, untuk memberi makan anak ayam di masa brooding. Kini banyak peternak yang telah beralih ke baby chick feeder, yang merupakan pengembangan dari feeding tray. Sangat disarankan agar penggunaan feeding tray untuk anak ayam diganti dengan baby chick feeder (BCF).

BCF bagus digunakan pada fase brooding, yaitu anak ayam usia 1-15 hari. Karena jika menggunakan feeding tray ada beberapa kekurangan.

Pertama, pakan bisa tercecer karena anak ayam bisa menggaruk-garuk pakan. Hal ini terjadi karena anak ayam dengan mudah bisa memanjat masuk ke feeding tray. Kemudian mereka mengorek-ngorek pakan.

Kedua, karena anak ayam bisa masuk ke dalam feeding tray, sehingga pakan terinjak-injak dan anak ayam juga bisa buang kotoran di pakan. Jika kotoran menumpuk di pakan anak ayam tidak akan mau makan.

Konsekuensinya pakan harus dibersihkan dengan cara diayak, dibuang kotorannya, lalu diberikan lagi untuk anak ayam. Dalam proses pengayakan akan ada pakan yang terpaksa dibuang. Tentunya hal itu boros pakan, waktu dan tenaga.

Dengan memakai BCF anak ayam tidak bisa masuk ke tempat pakan. Anak ayam akan dengan sendirinya terkondisi, secara tertib makan di sekeliling tepian BCF saja. Pakan aman dari injakan dan kotoran anak ayam, sehingga pakan terjaga tetap bersih karenanya lebih irit juga tidak boros waktu dan tenaga.

Penggunaan BCF bisa meminimalisir pakan yang terbuang hingga beberapa puluh gram per ekor. Jika populasi ayam 5000 ekor dan pakan yang dihemat 20 gram per ekor, maka total pakan yang dihemat adalah 100 kilogram.

Ditambah lagi ABK bisa menggunakan waktu yang sebelumnya digunakan untuk membersihkan pakan, dipakai untuk melakukan pekerjaan lain.

Narasumber: http://www.majalahinfovet.com/

Mitra Alat Ternak

Jl Kubang Raya
Desa Kualu, Kec Siak Hulu
Kab Kampar, Riau 28293

Jl Rimpak Wetan No 3
Sindangasih, Kec Sindang Jaya
Tangerang, Banten 15560

Jl Kanfer Raya No 2A
Padangsari, Kec Banyumanik
Kota Semarang, Jawa Tengah 50267

  • Comments
  • 0

Sign up for Newsletter

Sign up to get our latest exclusive updates, deals, offers and promotions.

Translate »