KKP SIAPKAN PENGEMBANGAN KEBUN BIBIT RUMPUT LAUT

Kementerian Kelautan dan Perikanan mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,2 miliar untuk pengembangan kebun bibit rumput laut hasil kultur jaringan pada tahun ini.

Kementerian Kelautan dan Perikanan mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,2 miliar untuk pengembangan kebun bibit rumput laut hasil kultur jaringan pada tahun ini.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto menyebutkan target produksi perikanan budi daya tahun ini dipatok sebesar 24 juta ton dimana 60% diantaranya merupakan rumput laut. Adapun produksi rumput laut pada 2018 diestimasi mencapai 10,366 juta ton.

“Tahun ini, pembangunan kebun bibit bibit rumput laut hasil kultur jaringan akan dilakukan di sejumlah daerah seperti Lampung, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, dan Papua Barat,” ujar Slamet dalam pesan singkatnya dikutip, ekonomi.bisnis.com, Selasa (19/2).

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto

Slamet menyebutkan, seluruh produksi bibit hasil kultur jaringan rumput laut dijamin ketertelusurannya. Untuk itu, ke depan, aka nada sertifikat khusus untuk bibit rumput laut hasil kultur jaringan guna memberi  kepastian bagi para nelayan yang memanfaatkan bibit hasil kultur jaringan dan pasar.

“Sebetulnya sudah ada, nanti kita cek tiap-tiap UPT yang memproduksi ini kan harus ada sertifikatnya. Kita tinggal bikin sertifikat saja. Kalau traceability itu ada, pembuatan sejak dia di ambil sampai dibiakkan dibesarkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia juga mengimbau kepada para perusahaan pengolah rumput laut baik yang berbasis pemodalan asing maupun dalam negeri untuk bisa mengembangkan sendiri budi daya rumput laut guna memastikan jaminan pasokan bahan baku.(Ef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *